Cara Mengatasi Galau Dengan Identifikasi Masalah

Saturday, July 26th, 2014 - Fase Hubungan, LDR, PDKT, Pernikahan, Pria, Putus Cinta, Single, Wanita

Ada suatu masa ketika kita sampai pada titik jenuh menghadapi masalah hidup sehingga tak jarang membuat kita down. Penyebabnya sendiri biasanya beragam, misalnya putus cinta, pekerjaan yang tidak sesuai target, atau saat kita dituntut mencari solusi ditengah masalah yang kompleks. Perasaan down atau istilah jaman sekarang sering disebut galau ini mudah sekali membuat kita rapuh sebelum akhirnya menjadi bad mood. Jika sudah begitu biasanya kita suka melakukan kegiatan-kegiatan negatif seperti bermain game tak kenal waktu, tidur seharian, menunda-nunda pekerjaan, atau aktivitas tak berguna lainnya yang menyita waktu. Jika sudah berada di fase tersebut sama artinya kita berada di zona galau level tertinggi. Lalu bagaimana cara mengatasi galau supaya tidak terus mengendalikan hidup kita?

Tips Mengatasi Galau

Suka tidak suka perasaan galau membuat kita membuang waktu percuma tanpa aktivitas yang bermanfaat. Intinya rasa malas mudah mendominasi sehingga tak ada lagi keceriaan untuk mengerjakan sesuatu apalagi berinteraksi dengan orang lain. Kalau sudah begitu hari-hari akan diliputi suasana suram, prestasi kerja atau sekolah semakin menurun, bahkan yang paling berbahaya jika sudah parah kondisi tersebut sulit untuk dipulihkan.

Tips Menanggulangi Bad Mood

Sejatinya rasa galau atau bad mood bukan kondisi yang berbahaya jika kita tahu cara mengatasinya. Yang kita butuhkan hanyalah suntikan motivasi supaya perasaan tersebut segera teratasi. Mau tahu caranya? Simak tipsnya berikut ini:

1. Identifikasi Penyebab Galau
Sekali waktu mungkin kita merasa kondisi galau tersebut datang tiba-tiba tanpa kita sadar apa penyebabnya. Namun sekecil apapun itu, perubahan situasi hati (mood) sudah pasti ada stimulus atau penyebabnya. Misalnya permasalahan kecil yang terakumulasi sehingga semakin besar atau mungkin terlalu banyak pikiran. Untuk itu cara mengatasi galau dapat kita lakukan dengan terlebih dulu mengidentifikasi mengapa rasa galau itu bisa muncul. Apakah pikiran yang terlalu detail? Apakah karena tidak mendapat solusi untuk mengatasi masalah pribadi? Atau karena hal lain? Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus segera ditemukan jawabannya agar kita tidak semakin terperangkap dalam situasi hati yang buruk.

2. Lakukan Kegiatan Positif
Jika perasaan galau disebabkan oleh beberapa penyebab negatif sehingga muncul rasa tidak menyenangkan, kita harus melawannya dengan melakukan sesuatu yang positif misalnya dengan mengembangkan kreatifitas yang menyenangkan misalnya berolahraga, bernyanyi, membaca, melukis, atau hobi bermanfaat lainnya. Intinya apapun aktivitasnya haruslah positif, bukan hal-hal negatif yang justru membuat suasana hati semakin rumit.

3. Berpikir Tentang Orang lain
Saat suasana hati yang buruk disebabkan oleh kondisi yang serba sulit, ada baiknya kita berpikir tentang orang lain yang keadaannya lebih sulit dari kita. Berpikir dalam hal ini berarti kita menambah beban pikiran kita, melainkan salah satu cara untuk bersyukur bahwa apa yang kita rasakan masih ada yang lebih buruk lagi dari kita. Dengan begitu kita tidak akan terlalu larut dengan perasaan sendiri, justru mungkin termotivasi untuk membantu mereka, sebab memberi sesuatu pada saat kondisi sulit sangat ampuh untuk memperbaiki suasana hati.

Cara Mengatasi Galau Berat

4. Menulis
Menulis adalah cara paling efektif untuk mengembalikan semangat yang hilang. Dengan menulis kita akan lebih mudah mengendalikan pikiran sekaligus menganalisis mengapa perasaan kita bisa down. Dari situ kita bisa introspeksi diri atau mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang kita lakukan akhir-akhir ini. Tak hanya membuat kita mudah berpikir, dengan menulis sama artinya kita memotivasi diri sendiri untuk kemudian membuat planning kedepannya. Jadi tidak ada salahnya mencurahkan apa yang ada di hati kita dalam bentuk tulisan, mulai dari awal permasalahan, penyebab, hingga cara mengatasi galau tersebut.


Cara Mengatasi Galau Dengan Identifikasi Masalah | Raras Putri | 4.5