Mencari Pasangan Hidup Yang Ideal

Sunday, July 20th, 2014 - Fase Hubungan, Pernikahan, Pria, Single, Wanita

Apabila umur telah mencukupi, berpetualang mencari pasangan hidup merupakan pengalaman yang menyenangkan. Namun petualangan akan menjadi sesuatu yang melelahkan jika kita tak kunjung mendapatkan pasangan yang cocok. Selain karena takdir, tidak ada seorangpun di dunia ini yang diciptakan sempurna, semua membawa kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun dalam urusan mencari jodoh semua pasti menginginkan pasangan yang menurutnya paling ideal. yang sering menjadi kendala biasanya seseorang menginginkan kriteria berlebihan terhadap pasangan yang diinginkannya. Jadi jika kita kesulitan menemukan pasangan yang tepat maka kita perlu introspeksi diri.

Tips Mencari Pasangan Hidup Yang Ideal

Masalah jodoh sebenarnya Tuhan telah mempersiapkan yang terbaik untuk kita, namun meski begitu bukan berarti kita tidak butuh pertimbangan mengenai hal ini sebab pasangan adalah seseorang yang akan menemani kita hingga akhir hayat sehingga dalam hal ini pertimbangan matang mutlak diperlukan. Jangan sampai karena salah memilih pasangan, kehidupan rumah tangga menjadi berantakan untuk kemudian berakhir pada perceraian.

Tips Mencari Pasangan Hidup

Agar upaya mencari pasangan hidup lebih lancar ada tips-tips khusus yang perlu kita pelajari, berikut ini diantaranya:

1. Memperluas Pergaulan
Mencari pasangan ideal dapat kita mulai dengan mengenal karakter orang-orang disekitar kita, jadi kita perlu memperluas pergaulan di lingkungan sekitar. Intinya pergaulan yang luas akan memperkaya pengalaman kita. Tanpa pergaulan kita tidak bisa mengenal karakter sekaligus kekurangan dan kelebihan orang lain sehingga kemungkinan kita akan salah dalam memilih pasangan.

Kita tidak perlu selektif memilih teman, artinya dalam bergaul kita tidak perlu memandang status sosial, latar belakang ekonomi dan pendidikan. Sifat baik dan kepribadian seseorang tidak bisa diukur dari jumlah harta atau tingkat pendidikan, namun kita perlu mengenal seseorang dari berbagai aspek bahkan untuk orang yang belum kita kenal sekalipun. Dengan memperbanyak kenalan akan membuka kesempatan lebih luas bagi kita untuk mendapatkan pasangan hidup yang tepat.

2. Mencari Ditempat yang Tepat
Pasangan yang tepat berada ditempat yang tepat, itu sudah pasti. Tentu kita dapat membayangkan jika kita mencari pasangan misalnya di tenpat-tempat hiburan, bar, diskotik, atau karaoke yang penuh hura-hura. Ditempat yang penuh barang haram seperti itu sangat mustahil kita akan mendapat pasangan yang sholeh dan sholehah untuk mendampingi hidup kita kelak.

Jika kita menginginkan pasangan hidup yang sehat secara fisik dan psikologis maka kita dapat mencarinya ditempat-tempat olahraga atau ditempat ibadah. Orang yang rutin berolahraga serta rajin beribadah otomatis pola hidupnya juga sehat. Sifat dan kepribadian seseorang sebagian memang dipengaruhi oleh faktor lingkungan, jadi mencari pasangan hidup ditempat yang positif sangat tepat agar nantinya kehidupan berumah tangga berjalan dengan harmonis, sehat, dan religius.

3. Pasangan Seiman
Agama adalah sebuah kepercayaan dan menjadi panutan seseorang dan merupakan prinsip hidup yang dianut sejak masa kanak-kanak. Nilai-nilai keagamaan yang tertanam sejak usia dini umumnya sangat sulit dirubah terutama saat tumbuh dewasa. Oleh sebab itu mencari pasangan ideal harus seiman agar prinsip tidak saling bertolak belakang dan mudah dalam menyesuaikan diri.

Ada beberapa agama yang melarang seseorang menikah dengan orang yang tidak seiman. Jadi menjalin hubungan dengan seseorang yang berbeda agama sebaiknya kita hindari agar kita tidak menemui banyak hambatan jika kelak sudah waktunya menikah. Meskipun begitu bukan berarti kita tidak boleh bergaul dengan orang beda agama, kita hanya perlu membatasi diri.

Kenalilah Pasangan Hidup AndaTerlebih Dahulu

4. Minta Nasehat Orangtua
Pengalaman orangtua dalam hal berumah tangga adalah masukan yang sangat berharga saat kita tengah mencari pasangan hidup. Tidak ada salahnya kita meminta orangtua untuk menceritakan bagaimana awal mereka bertemu, menjalin hubungan, dan akhirnya menikah. Dari cerita tersebut sedikit banyak kita akan mendapat inspirasi tentang bagaimana kita mencari, berkenalan, untuk kemudian menikah dengan pasangan yang tepat. Orangtua adalah figur yang mengenal kita sejak dari lahir sehingga mereka sangat paham karakter dan kepribadian kita.


Mencari Pasangan Hidup Yang Ideal | Raras Putri | 4.5