Mencari Teman Curhat Yang Baik

Wednesday, October 29th, 2014 - Fase Hubungan, LDR, PDKT, Pernikahan, Pria, Putus Cinta, Romansa, Single, Wanita

Kehidupan remaja memang identik dengan masalah. Meskipun hanya masalah seputar anak muda seperti konflik dengan pacar, sahabat, atau mungkin orangtua namun kadang menjadi begitu complex manakala permasalahan tersebut tak kunjung ada solusi. Nah, dalam kondisi darurat seperti inilah peran seorang teman sangat dibutuhkan sebagai media keluh kesah atau istilah kerennya teman curhat. Pertanyaannya, apakah semua teman bisa berperan sebagai teman curhat yang bisa dipercaya? Lantas bagaimana cara mencari teman curhat yang baik supaya masalah yang terakumulasi di otak bisa ‘dibagi’ dengan orang lain?

Cara Mencari Teman Curhat Yang Baik

Sebenarnya peran teman curhat tidak serta merta sebagai sumber penyelesaian masalah, namun lebih kepada tempat dimana kita bisa meluapkan apa yang menjadi masalah kita, syukur-syukur jika darinya kita bisa mendapat solusi. Minimal dengan menceritakan masalah kita, sedikit banyak kita merasa lega karena ada yang mau mendengarkan kegalauan atau unek-unek yang menggumpal di hati.

Meskipun kita punya banyak teman mungkin hanya sedikit dari mereka yang benar-benar tulus mau mendengarkan atau bahkan membantu menyelesaikan masalah kita, bukan sekedar pendengar setia yang hanya manggut-manggut sampai kita lelah berceloteh. Nah, bagaimana cara mencari teman curhat yang baik? Berikut ini tipsnya.

  • Bisa Menjaga Rahasia
    Seorang teman curhat yang baik adalah mereka yang mampu menjaga rahasia meski tanpa kita minta. Ketika masalah kita sudah ter-ekspose kemana-mana bak kasus selebritis, semua orang akan menanggapinya menurut versi mereka masing-masing, dengan sudut pandang beragam baik positif ataupun negatif. Jika hal itu sampai terjadi justru masalah bertambah rumit, sehingga bukan solusi yang kita dapat justru mungkin kepala bertambah pusing. Jadi kita harus memilih teman curhat yang pandai menyimpan rahasia, artinya tidak ‘ember’ atau suka menceritakan masalah orang lain ke publik.
  • Membantu Mencari Solusi
    Seperti yang dikatakan diawal seorang teman curhat bukan hanya seorang pendengar yang baik namun paling tidak mereka memiliki karakter seorang pemikir yang diharapkan mampu menemukan solusi. Meskipun semua solusi ada di tangan kita namun pendapat dari teman curhat adalah masukan yang perlu dipertimbangkan. Dalam hal ini kita harus mampu menelaah masalah dan solusi dari sudut pandang berbeda untuk kemudian kita selesaikan secara obyektif. Jadi apapun solusi dari mereka, hal itu merupakan ‘aset’ berharga yang mungkin sangat berguna tanpa kita sadari.
  • Jangan Egois
    Saat menceritakan berbagai masalah dengan teman curhat, tak lantas kita harus bersikap seolah-olah orang paling ‘menderita’ di dunia ini. Artinya dalam hal ini bukan kita saja yang dilanda masalah dan bukan kita saja yang mencari teman curhat. Disatu sisi kita juga harus berpikir bahwa mungkin orang lain juga membutuhkan teman curhat seperti kita. Intinya jika kita bisa mendengarkan masalah orang lain terlebih lagi memberi solusi, bukan tidak mungkin kita menemukan teman curhat yang lebih peduli dengan kita. Ingat ketulusan umumnya dibalas juga dengan ketulusan.

Mencari Teman Curhat Yang Baik

  • Lihat Situasi
    Meskipun kita merasa dalam kondisi darurat dan butuh teman curhat saat itu juga, bukan berarti kita tidak bisa melihat situasi. Tunggu waktu yang tepat untuk menceritakan masalah kita dan yang paling penting jangan pernah memaksa teman curhat untuk mendengarkan masalah kita pada saat teman kita tersebut sedang sibuk atau lelah. Ingat kita sedang mencari teman curhat yang baik jadi cara kita menceritakan masalah harus dengan cara berkomunikasi yang tenang. Tidak perlu lebay dengan menangis, meratap, atau bahkan meraung-raung yang justru membuat teman curhat kita menjadi sebal.

Mencari Teman Curhat Yang Baik | Raras Putri | 4.5