Pacaran Di Sekolah, Boleh atau Dilarang?

Saturday, July 26th, 2014 - Fase Hubungan, PDKT, Pria, Romansa, Single, Tips Tentang Cinta, Wanita

Remaja dan pacaran adalah dua unsur yang tidak bisa dipisahkan. Masa remaja terutama masa-masa sekolah memang masa transisi atau proses perubahan dari usia anak-anak menuju kedewasaan. Jadi diusia-usia seperti itu remaja umumnya selalu ingin tahu bahkan cenderung meniru apa yang sebenarnya hanya boleh dilakukan oleh orang dewasa. Salah satu contoh paling mudah ditemui adalah pacaran di sekolah. Aktivitas yang lazimnya dilakukan oleh orang dewasa ini sekarang sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan anak-anak sekolah, meskipun dari sisi usia mereka belum waktunya ada di zona tersebut.

Pacaran Di Sekolah Boleh atau Dilarang?

Mengingat berpacaran di sekolah sudah menjadi kebiasaan, maka fenomena tersebut bukan lagi hal yang tabu dan bisa dilarang. Karena pelajar biasanya menghabiskan lebih dari separuh waktunya di sekolah, maka pacaran di area sekolah tidak bisa lagi dicegah. Ironisnya, pacaran tak lagi menjadi hal yang lazim manakala proses pacaran tersebut melenceng dari norma-norma dan etika. Pacaran di sekolah tak lagi sebuah bentuk penyemangat dalam belajar, malah justru dijadikan pelampiasan hasrat yang sebenarnya belum waktunya mereka lakukan.

Tips Berpacaran di Sekolah

Mengingat pacaran adalah aktivitas orang dewasa yang dilakukan diusia sekolah, maka kemungkinan menimbulkan efek buruk pada perkembangan psikologis semakin besar. Namun karena pacaran di sekolah sudah menjadi hal biasa yang terjadi pada siapa saja, dan dimana saja, maka kita tidak mampu mencegahnya, hanya berusaha meminimalisir dampak buruknya.

Agar pacaran di sekolah tetap dalam koridor pacaran yang sehat, coba perhatikan tipsnya berikut ini:

1. Memperbanyak Kegiatan Ekstrakurikuler
Mengekspresikan diri dengan memperbanyak kegiatan ekstrakurikuler adalah salah satu cara sehat berpacaran di sekolah. Hal ini tak hanya berlaku pada salah satu pihak tapi kedua pihak. Dengan cara ini waktu yang terbuang selama berpacaran di sekolah dapat diamanfaatkan lebih efektif lagi dengan kegiatan-kegiatan positif. Dari situ kita mendapat keuntungan ganda yaitu lebih dekat dengan pacar sekaligus berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan pihak sekolah. Dengan demikan kita akan terhindar dari ‘rencana negatif’ di otak kita selama berpacaran.

2. Jangan Pacaran di Jam pelajaran
Dengan alasan apapun pacaran di sekolah pada saat jam pelajaran sangat dilarang. Kita mempunyai jam istirahat yang cukup untuk sekedar bertemu pacar atau makan dikantin daripada harus mengorbankan jam pelajaran yang justru merugikan kita. Biar bagaimanapun kita butuh waktu khusus untuk berkonsentrasi pada pelajaran. Akan lebih baik membiarkan otak menyerap materi pelajaran daripada hanya diisi oleh cara-cara berpacaran.

3. Belajar Kelompok
Belajar tidak hanya bisa dilakukan di sekolah, tapi juga di rumah dengan cara belajar kelompok. Momen ini bisa kita manfaatkan untuk berpacaran, jadi pacaran tidak hanya melulu di sekolah sehingga cenderung monoton. Sama halnya di sekolah, dengan belajar kelompok kita bisa semakin dekat dengan pacar sekaligus memperdalam materi palajatran yang didapat dari sekolah. Disisi lain pacaran sambil belajar kelompok jauh lebih murah daripada harus pacaran diluar rumah, misalnya hang out ke kafe, atau nonton, yang membutuhkan banyak biaya. Selain hubungan semakin mesra kita bisa sharing masalah pelajaran yang berguna untuk meningkatkan prestasi di sekolah.

Pacaran Di Sekolahan

Pacaran di sekolah memang ada batasan-batasan khusus yang harus ditaati agar tidak keluar dari zona pacaran sehat. Untuk itu menjaga harkat dan martabat pacar harus menjadi prioritas utama. Jika kita memang saling mencintai, salah satu dari kita tidak akan melakukan hal negatif yang dapat menghancurkan masa depan kita dan pasangan. Pacaran memang bisa dibilang proses menuju pernikahan, namun tak lantas kita bisa menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kepuasan sesaat. Pacaran memang tidak dilarang, tapi kita juga harus tahu bahwa pacar kita sekarang ini belum tentu orang yang akan menikah dengan kita nantinya.


Pacaran Di Sekolah, Boleh atau Dilarang? | Raras Putri | 4.5