Pernikahan Yang Bahagia dan Langgeng

Thursday, July 31st, 2014 - Fase Hubungan, Pernikahan, Pria, Romansa, Tips Tentang Cinta, Wanita

Saat memasuki jenjang pernikahan, bisa dipastikan semua pasangan menginginkan pernikahan yang bahagia. Namun kehidupan berumah tangga tidak cukup hanya bermodal cinta dan saling sayang, materi juga termasuk faktor penting pada pernikahan supaya perekonomian keluarga bisa tercukupi. Pendek kata pernikahan bisa bahagia jika dapat memenuhi beberapa kriteria, termasuk kebutuhan primer yaitu sandang, bahan pangan, dan papan.

Tips Pernikahan Yang Bahagia dan Langgeng

Jika dievaluasi, masa-masa paling sulit pada pernikahan biasanya terjadi di 5 tahun pertama. Namun ini sifatnya tidak mutlak, artinya jika kita sukses mengatasi badai rumah tangga satu tahun pertama, tahun-tahun berikutnya biasanya lebih mulus.

Ingin pernikahan tetap bahagia? Ikuti 3 tips berikut ini:

1. Berdiskusi
Ada kiat khusus yang mengatakan “talk be open”. Tak peduli berapapun usia pernikahan kita komunikasi adalah faktor yang harus diprioritaskan. Intinya bukan hanya saat berpacaran saja komunikasi bisa lancar, namun setelah menikah justru intensitas komunikasi harus ditingkatkan. Dalam berumah tangga, tidak mudah kehilangan topik pembicaraan merupakan satu bukti bahwa komunikasi tetap berjalan. Komunikasi bisa memilih topik apa saja selama pembicaraan bisa menciptakan suasana santai.

Komunikasi adalah visualisasi dukungan moral jika ada masalah yang harus dihadapi baik oleh istri atau suami. Jika hanya memberi dukungan dengan diam-diam dan cenderung tidak ingin ikut campur dengan masalah yang dihadapi pasangan, ini mengindikasikan suatu ketidakpedulian. Jika topik pembicaraan termasuk masalah sensitif misalnya gaji atau pengeluaran sehari-hari seharusnya memang dibicarakan secara terbuka. Jika tidak, maka harus direnungkan lagi apa ada yang salah dalam komunikasi belakangan ini.

2. Saling Toleransi
Menjaga hubungan tetap romantis dan harmonis tidak hanya dengan membiasakan diri mengucapkan “I love you”, hal inipun juga tidak dapat menjamin pernikahan yang bahagia. Menjaga privasi, menjaga nama baik, menjaga harga diri, dan saling toleransi merupakan bentuk sublimasi kasih sayang yang diberikan suami pada pasangannya, dan sebaliknya. Dengan memproteksi diri sendiri tidak hanya melindungi supaya tidak terjebak dalam masalah, namun sekaligus melindungi keluarga kita sendiri. Kebiasaan membuka diri kepada teman baik (curhat) tak lantas harus megalahkan kehidupan pribadi. Meskipun kita bercerita dengan bahasa ilmiah kita harus yakin bahwa rahasia kita tetap menjadi konsumsi umum jika kita terlalu terbuka pada .

Dalam pernikahan, bentuk keterbukaan hanya milik suami dan istri. Jadi jika salah satu pasangan memiliki satu rencana besar, hal tersebut harus diketahui pihak suami atau istri. Ingat, keterbukaan membuat pasangan kita lebih respek terhadap kita.

3. Mempertahankan Sisi Romantisme
Munkin saja hal-hal kecil bukan sesuatu yang berarti, namun a little act of romance. Hal-hal kecil tersebut bisa saja merupakan energi untuk kembali menyalakan api cinta dalam satu pernikahan. Hal apapun itu sebaiknya kita lakukan secara spontan, dengan cara ini suasana terlihat lebih romantis dibanding rencana surprise yang terlalu lama. Agar tidak terkesan membosankan, ditengah aktivitas kerja kita bisa lakukan sesuatu yang terlihat ‘gila’ yang membuat kita dan pasangan ingat saat pertama kali falling in love.

Pernikahan Yang Bahagia dan Langgeng

Untuk menuju pernikahan yang bahagia, kita perlu mengucapka kata-kata “I love you” secara rutin. Hal ini penting agar pasangan terlihat bahagia karena merasa diperhatikan. Kedengannya memang agak kuno namun jika diucapkan dengan tulus sanggup mengangkat sisi romantisme pada satu pernikahan. Usia pernikahan berapapun, menggunakan jurus kata-kata romantis tetap menjadi andalan oleh banyak pasangan untuk mempertahankan pernikahannnya agar tetap harmonis. Sekali waktu tidak ada salahnya kita memberinya surprise dihari bahagianya, misalnya saat ulang tahun. Baginya ulang tahun adalah momen paling mengesankan, ditambah dengan surprise yang kita beri maka hari itu tidak akan pernah dilupakan seumur hidupnya.


Pernikahan Yang Bahagia dan Langgeng | Raras Putri | 4.5