Persiapan Yang Dilakukan Sebelum Punya Anak

Monday, January 12th, 2015 - Pernikahan, Wanita

Tak ada moment yang lebih membahagiakan pasangan suami istri selain hadirnya sang buah hati tercinta. Diawal pernikahan target utama pasangan suami istri salah satunya adalah mendapat momongan secepatnya, jadi persiapan yang dilakukan sebelum punya anak benar-benar harus diperhatikan. Pada dasarnya kehamilan merupakan fase paling ditunggu oleh seorang istri, intinya perlu persiapan matang jauh-jauh hari sehingga pada masa kehamilan hingga proses kelahiran berjalan lancar dan normal. Dengan begitu akan hadir seorang buah hati yang sehat seperti yang diharapkan.

Beberapa Hal Yang Dilakukan Sebelum Punya Anak

Ada 2 faktor penting yang perlu dicermati pada masa kehamilan yaitu faktor nutrisi serta kebugaran. Seringkali muncul kerancuan dimana orang selalu beranggapan bahwa pemenuhan nutrisi yang ideal diawali pada saat wanita diketahui dalam kondisi hamil. Anggapan tersebut sebenarnya kurang tepat, dan mungkin harus segera dirubah. Intinya pemenuhan nutrisi yang paling baik harus dipersiapkan sebelum memasuki masa kehamilan.

Berikut ini persiapan yang dilakukan sebelum punya anak terutama yang berkaitan dengan pentingnya nutrisi serta kebugaran wanita dimasa kehamilan atau sebelum melahirkan.

1. Jaga Berat badan

Jika tubuh kita terlalu kurus nantinya akan membuat kita sulit hamil. Sebaliknya jika kita terlalu gemuk justru berpotensi terkena diabetes dan hipertensi yang mana akan sangat membahayakan saat proses persalinan. Oleh karena itu sebaiknya kita jaga berat badan pada posisi paling ideal. Untuk mencapai itu kita tentu harus rajin berolahraga dan menerapkan pola hidu sehat menjelang kehamilan dan persalinan.

2. Batasi Kafein

Bila kita penggemar kopi atau teh sudah saatnya kita hentikan atau setidaknya kita batasi konsumsinya. Jika ingin cepat hamil kita tidak boleh mengonsumsi kafeiin diatas 200mg, hal ini juga berlaku pada masa kehamilan. 200mg kafein biasanya didapat dari 950ml teh atau 350ml kopi. Sebagai pengganti minuman berkafein tinggi tersebut kita bisa pilih minuman sari buah, jus buah segar, atau susu.

3. Pola Makan seimbang

Selama masa kehamilan sangat direkomendasikan untuk menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Kita harus buang jauh-jauh kebiasaan mengomsumsi makanan cepat saji semacam Junkfood atau semua camilan yang mengandung lemak tinggi. Agar kandungan lebih sehat sebaiknya kita mengonsumsi banyak asupan protein, asam folat juga zat besi. Kandungan gizi tersebut bisa kita dapatkan dengan mudah pada makanan seperti kacang-kacangan, gandum, buah-buahan, sayuran berwarna, dan susu rendah lemak. Sebaliknya kita tinggalkan kebiasaan menyantap makanan yang dipanggang, daging, keripik kentang, minuman bersoda dan semua makanan minuman tidak sehat sejenisnya.

4. Penuhi Kebutuhan Asam Folat

Langkah-langkah preventif untuk mendapatkan seorang bayi yang sehat sejak dalam kandungan dapat kita mulai sejak 1 bulan terhitung saat kita mencoba mendapatkan kehamilan. Caranya, kita harus mampu memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung 400 mikrogram asam folat per hari. Jumlah asam folat tersebut bisa kita dapatkan secara alami dari berbagai jenis makanan atau multivitamin. Sumber asam folat paling baik terdapat pada kuning telur, kacang-kacangan, sitrus, dan sayuran berdaun hijau.

Apa Saja Yang Dilakukan Sebelum Punya Anak

Perlu kita ketahui konsumsi asam folat yang memenuhi standar sangat penting untuk perkembangan serta metabolisme sel pada saat pembuahan dan ini akan berpengaruh pada janin. Asam folat perannya juga sangat penting untuk membantu ibu hamil dari kemungkinan buruk pada saat proses persalinan. Dengan kata lain asam folat meminimalisir resiko cacat pada bayi dan segala macam penyakit yang membahayakan calon bayi dan ibu. Ini adalah hal terbaik sebagai persiapan yang dilakukan sebelum punya anak terutama untuk mendapatkan seorang buah hati yang sehat secara fisik dan psikologis.


Persiapan Yang Dilakukan Sebelum Punya Anak | Raras Putri | 4.5