Rekan Kerja Yang Baik dan Profesional

Wednesday, November 12th, 2014 - Pernikahan, Pria, Wanita

Sikap profesional memang sangat dibutuhkan dimanapun kita berkerja, terlebih lagi jika bentuk pekerjaan kita termasuk kerjasama tim atau melibatkan orang banyak pada satu lingkup yang sama. Dalam hal ini sikap profesional yang dimaksud termasuk bagaimana kita menjalin hubungan yang harmonis dengan rekan seprofesi. Jadi peran partner kerja atau rekan kerja yang baik sedikit banyak ikut mendukung kita agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, supaya lebih enjoy dalam bekerja dan tidak menjadikan pekerjaan tersebut sebagai beban. Seorang rekan kerja kadang juga memberi kita rasa nyaman, dengan demikian konsentrasi tidak terganggu karena suasana kerja sangat mendukung.

Menjadi Rekan Kerja Yang Baik dan Profesional

Sekali waktu mungkin rekan kerja memberi pandangan lain terhadap pekerjaan kita. Hal ini biasanya membuat perasaan kita seperti ada yang mengganjal. Dalam kondisi seperti itu mungkin saja ada yang salah pada pekerjaan kita sehingga harus ada yang dibenahi. Satu hal yang harus dipahami adalah berperilaku sopan harus menjadi prioritas terutama saat berinteraksi dengan rekan kerja atau siapapun yang ada di lingkungan kerja. Perilaku sopan dengan sendirinya akan mencerminkan karakteristik kita sebagai pribadi yang baik, low profile, dan beretika. Dengan begitu kita juga akan menjadi partner kerja yang baik bagi mereka sehingga tercipta suasana yang kondusif di lingkungan kerja.

Tips Menjadi Rekan Kerja Yang Baik

Untuk menjadi rekan kerja yang baik tentu tidak mudah. Intinya ada beberapa kriteria yang mungkin harus kita terapkan pada sikap kita termasuk bagimana cara berpenampilan, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan sesama rekan kerja. Mau menjadi partner kerja yang baik dan profesional? Ini tips-nya:

  • Tidak Menjadi Biang Gosip
    Kerjasama dalam satu tim otomatis membuat kita selalu berkomunikasi dengan rekan kerja. Namun jika ada seorang rekan kerja yang suka bercerita banyak hal yang berbau gosip sebaiknya kita dengarkan saja, artinya kita tidak menceritakan gosip tersebut pada orang lain, toh kita juga belum tahu kebenarannya. Dalam hal ini kta harus menghindari predikat ‘biang gosip’ di kantor karena hal tersebut dapat merusak karir kita. Semakin kita terkenal sebagai tukang gosip maka semakin berkurang kepercayaan yang diberikan pada kita.
  • Pribadi Yang Berkarakter
    Membangun pribadi yang positif dan berkarakter bisa kita mulai dari lingkungan kerja. Pribadi yang positif dan berkarakter sangat membantu kita untuk menghindari semua hal yang bersifat negatif seperti mengeluhkan pekerjaan yang dilakukan, gaji kecil, tidak pernah dipromosikan untuk jabatan yang lebih tinggi, dan sebagainya. Dalam hal ini kita harus menjaga agar tidak menjadi pribadi yang suka mengeluh karena justru hal tersebut membuat kita menjadi rekan kerja yang menjengkelkan di mata rekan kerja yang lain.
  • Jangan Banyak Bicara
    Di lingkungan kerja “diam itu emas” termasuk filosofi lama yang harus diberlakukan sampai kapanpun. Misalnya kita harus berbicara dengan nada pelan saat berkomunikasi lewat telepon. Kita juga harus memperhatikan suasana disekitar kita, jaga jangan sampai suara kita mengganggu konsentrasi rekan kerja lainnya. Akan lebih baik lagi jika kita rubah volume dering ponsel ke level paling rendah atau mode silent.

Cara Menjadi Rekan Kerja Yang Baik dan Profesional

  • Hargai Privasi Rekan Kerja
    Meskipun kita sangat dekat dan akrab dengan salah satu rekan kerja di ruangan yang sama namun sebagai rekan kerja yang baik kita harus mampu menjaga privasinya. Misalnya kita tidak perlu merasa penasaran ketika rekan kerja membuka salah satu situs di internet karena ia memiliki privasi tersendiri dan itu harus kita hargai.

Rekan Kerja Yang Baik dan Profesional | Raras Putri | 4.5