Tips Mengatasi Patah Hati

Sunday, July 13th, 2014 - Pria, Putus Cinta, Wanita

Move On, begitu mungkin istilah paling tepat untuk mengintepretasikan perasaan seseorang ketika sedang patah hati. Sakit memang, tapi ketika hubungan sudah tidak bisa lagi dipertahankan melupakan mantan pacar memang solusi paling logis. Ketika kondisi atau masalah mengharuskan kita berpisah dengan orang yang paling kita cintai, kadang-kadang tips mengatasi patah hati tak cukup efektif untuk mengembalikan ‘suasana hati’ yang dilanda rasa sakit, galau, marah, benci, dan segudang perasaan tak enak lainnya. Namun ketika ketika kita memutuskan menjalin sebuah hubungan, maka resiko ini memang harus kita ambil, setidaknya kita harus paham rumus cinta yang mengungkapkan bahwa resiko cinta adalah patah hati.

Cara Mengatasi Patah Hati

Ketika seseorang sedang putus cinta cara menyikapi situasinya kadang berbeda-beda. Ada yang terkesan biasa-biasa saja, ada yang berusaha menutupi dengan mencari pacar baru, ada yang trauma sehingga takut berpacaran selama bertahun-tahun, bahkan pada kasus yang paling parah bisa menyebabkan seseorang bunuh diri. Ironis, karena kondisi berbalik 180 derajat dari ketika pertama kali pacaran. Bagi kita patah hati sanggup menimbulkan efek (terutama efek negatif) yang beragam, tubuh terasa lunglai dan hati seperti hancur berkeping-keping.
7 Cara Jitu “Move On”

Patah hati memang membuat rasa sakit yang mendalam, namun kita harus berusaha optimis bahwa masih banyak someone diluar sana yang lebih baik dari mantan kita. Untuk mempercepat proses penyembuhan ‘luka hati’ cara berikut ini layak kita coba.

1. Menangis
Menangis? kenapa tidak? Kadang dengan menangis beban kita sedikit banyak bisa berkurang. Tidak perlu ragu bertanya “kenapa harus saya?” “kenapa harus berakhir secepat ini?” Bila perlu kita menjerit sambil bercucuran airmata menangisi mantan yang kita anggap paling kejam di dunia.

2. Bertahan Dalam Kesedihan
Mengapa bertahan dalam kesedihan termasuk tips mengatasi patah hati paling jitu? Ketika patah hati apapun yang kita lakukan sah-sah saja termasuk larut dalam duka cita. Ini jauh lebih baik daripada kita memendam gejolak perasaan. Tapi meskipun sedih kita harus terlihat rileks, artinya tidak terlihat sedih dihadapan mantan. Dalam kondisi seperti itu berakting layaknya pemain sinetron kadang memang diperlukan.

3. Bercerita
Dimanapun teman curhat memang sangat dibutuhkan, bahkan teman seperti itu perannya begitu sentral dalam hidup kita. Jangan pernah menganggap orang lain tidak tahu situasi atau perasaan kita saat patah hati. Semua orang punya masa lalu bahkan trauma karena putus cinta. Kita semua butuh waktu untuk melupakan semua hal yang melibatkan hati kita untuk cinta yang telah usai. Jadi tidak perlu memuntahkan perasaan kita kepada semua orang karena hanya sedikit orang yang mau peduli tentang situasi kita, selebihnya kita hanya dianggap membuang-buang waktu mereka.

4. Menjauh
Menjauh dari mantan juga solusi terbaik untuk segera bangkit dari keterpurukan. Namun ini tidak mudah. Setidaknya kita harus sadar betapa susahnya untuk berlagak cuek dan tidak peduli, padahal kita sangat membutuhkan dia.

Rahasia Mengatasi Patah Hati

5. Nikmati Benda Yang Dibenci Dia
Tak ada salahnya mencoba menikmati semua yang tidak disukai mantan. Konsultasi pada psikolog atau masak masakan yang tidak disukai si dia layak kita coba tanpa takut mendapat kritikan dari pihak lain. Bila perlu kita ganti parfum yang biasanya mengingatkan kita pada suasana saat bersamanya.

6. Habiskan Waktu Bersama Teman
Bergaul dengan teman-teman, hang out seperti masa-masa ABG kadang bisa mengurangi beban berat akibat broken heart. Believe it, kita akan lebih tenang apalagi saat mendengar teman yang bercerita tentang pengalaman buruk seperti yang tengah kita alami.

7. Bersikap A-Seksual
Tidak perlu salah persepsi untuk tips mengatasi patah hati yang terakhir ini. Cara ini memang menyarankan untuk menghindari lawan jenis beberapa waktu, tapi tak lantas menganjurkan kita untuk menjadi penyuka sesama jenis J. Sikap ini kita ambil semata-mata untuk memuluskan jalan melupakan mantan.


Tips Mengatasi Patah Hati | Raras Putri | 4.5